search

Loading

Senin, 07 Januari 2013

laporan tahunan


Membuat laporan tahunan
Microsoft excel adalah Program aplikasi pada Microsoft Office yang digunakan dalam  pengolahan angka (Aritmatika). Program ini sering digunakan oleh para akutan untuk menuliskan atau mencatat pengeluaran dan pemasukan didalam perusahaan atau suatu lembaga maupun  instansi-instansi kecil.
Langkah-langkah membuat laporan tahunan pada microsoft excel
Ø  Buka aplikasi microsoft excel
Ø  Buat sheet
Pada laporan tahunan,sheet yang dibutuhkan sebanyak 20 sheet.
Beri nama pada masing-masing sheet, dengan cara :
-          Klik kanan pada sheet
-          Klik rename
Sheet 1 = data
Sheet 2 - 4 = bulan januari – maret
Sheet 5 = cartuwulan 1
Sheet 6 – 8 = bulan april – juni
Sheet 9 = caturwulan 2
Sheet 10 =semester 1
Sheet 11 – 13 = bulan juli –september
Sheet 14 = caturwulan 3
Sheet 15 – 17 =bulan oktober – desember
Sheet 18 = caturwulan 4
Sheet 19 = semester 2
Sheet 20 = tahunan
Setelah itu beri warna yang berdeba untuk setiap sheet, supaya mudah membedakannya
Ø  pada sheet 1, masukkan data yang diperlukan atau yang akan digunakan. ditambahkan nama instansi, kab/kota, tahun. data ini berupa tabel dengan format tabel, target, pelopor dan pimpinan.
Untuk setiap data yang dimsukkan beri kode. Sebagai contoh pada nama bulan diberi kode singkatan dari nama bulan tersebut, mis : jan
Ø  pada sheet 2, yaitu bulan januari
pada sheet ini akan dibuat laporan bulan januari.


a.        Pertama buat judul laporan. Judul laporan dapat dibuat dengan format : =JUDUL& " PUSKESMAS " & PKM & " KOTA " & KAB & " BULAN " & JAN & " TAHUN " & TAHUN
maka hasilnya adalah laporan penimbangan bulanan balita puskesmas nanggalo kota padang bulan januari tahun 2012.

b.      Warna merah dipojok atas tabel adalah insert coment. Cara membuatnya adalah klik kanan pada data, pilih insert coment. Tulis coment dan ok

c.       Ada beberapa rumus yang dipakai dalam pengolahan data ini
-          Untuk  menghitung jumlah dengan rumus  sum
cth : =SUM(C7:C16)
-          Untuk menghitung rata-rata dengan rumus average
cth : =AVERAGE(H7;H16)
-          rumus dengan memakai IF
Cth : =IF(H7<TDSJAN;"BINA";"-")
-          untuk mengitung jumlah data yang dibutukan dengan rumus countif
cth : =COUNTIF(K7:K16;"bina")
d.      untuk membuat tanggal pembuatan laporan dapat dengan format : =TEMPAT&",5"& FEB &""&TAHUN
e.       buat grafik
setelah selesai data dalam bentuk tabel, maka pindah ke dalam bentuk grafik
caranya :
o   blok data yang akan dibuat grafiknya
o   klik insert
o   pilih chart yang akan dibuat
o   tekan finish dan ok
o   edit tampilan grafik
Ø  Sheet 3 sampai tahunan  ( bulan februari – tahunan )
Kita cukup meng-copy paste data dari bulan januari. Tapi semua yang memakai kata “jan” diganti dengan nama bulan berikutnya. Baik itu judul, data tabel, tanggal pembuat, grafik dan lain-lain.
Ø  jika sudah selesai untuk semua sheet, maka kita dapat memprotec data yang kita buat dengan cara :
-          pilih menu review
-          pilih protect sheet
maka akan tampilan seperti ini :
-          masukkan password
-          ok
lakukan langkah memprotect sheet untuk semua sheet yang ada.
Ø  laporan tahunan selesaiiiiii

selamat mencoba.....
smga berhasil....
anda dapat melihat contoh laporan tahunan saya, dengan cara dowland di sini
tulisan ini juga dapat anda temukan pada blog saya yang lain, coba lihat di sini